happy blogging...^^ contact me on : benidektus_jb@yahoo.co.id

Kamis, 24 April 2008

Global Warming

Global warming? Ah, masa bodo sama hal begituan! Mungkin itu yang ada di pikiran sebagian dari kita, masih nggak peduli. Tapi kalo kamu tahu apa dampaknya bagi kita, masihkah kamu akan cuex dengan ini???

Global warming atau pemanasan global adalah proses dimana suhu bumi naik kerena peningkatan emisi CO2 dan gas-gas lain yang dikenal sebagai gas rumah kaca. Gas ini bekerja seperti layaknya sebuah rumah kaca, fungsinya untuk menangkap energi panas matahari supaya nggap dilepasin seluruhnya ke luar atmosfer lagi.
Truss kenapa jadi masalah?

Sebabnya gas-gas produksi industri yang meningkat dibarengi dengan langkanya hutan sebagai penyerap gas tadi membuat suhu panas berlebihan dan terperangkap di lapisan atmosfer. Indonesia sendiri jadi penyumbang ketiga terbesar untuk gas rumah kaca tadi.
Akibatnya, selain panas yang nggak umum kayak sekarang, iklim jadi nggak bias diprediksi, panen gagal, perikanan hancur, permukaan laut naek dan banyak lagi!
Trus sekitar 50 tahun lagi, kalo keadaannya masih kayak gini, suhu bumi bakalan jadi kayak jaman dinosaurus. Ya…sekitar sekitar 45˚C lah! Trus siap-siap juga terbiasa sama kemiskinan global, kanker kulit, sama penuaan dini.
Did you know ?
akibat dari pemanasan global.

 100 juta orang di pesisir Asia permukiman akan tergenang. Kira-kira 4000 pulau dari sektar 17.500 pulau di Indonesia bakal tenggelam. 30% garis pantai dunia lenyap.
 25 tahun lagi jumlah air nggak akan cukup bagi manusia.
 Es abadi di kutup akan meleleh semuanya sekitar 40 tahun lagi. Permukaan air bakal naik 64m.
 Diperkirakan tahun 2050, 130 juta penduduk dunia terancam kelaparan, terutama di Asia.
 100 tahun mendatang 80% spesies hewan dan tanaman dunia akan musnah.

What Should We do ???
 Kurangi penggunaan kendaraan bermotor. Kalo bisa naik kendaraan umum, naik sepeda, atau jalan kaki.
 Kurangi pemakaian AC, pemanas ruangan, dan penggunaan air secara berlebihan.
 Cintai dan tanamlah tumbuhan !
 Gunakan produk daur ulang. Kalo bisa, ikut nge-recycle juga. Mendaur ulang tumpukan koran setinggi 1,2m jadi kertas daur ulang udah bisa nyelametin 1 pohon besar.
 Yang penting pedulilah pada lingkungan !!!