happy blogging...^^ contact me on : benidektus_jb@yahoo.co.id

Sabtu, 22 November 2008

PEMAHAMAN TENTANG PARAGRAF

BAGIAN A
1. Jelaskan pengertian paragraf!
Jawaban: Paragraf adalah suatu kebahasaan yang tersusun atas sejumlah kalimat yang menggunakan satuan informasi dengan ide pokok menjadi pengendalinya.
2. Jelaskan posisi paragraf bila dilihat dari keseluruhan tulisan!
Jawaban: Apabila dilihat dari keseluruhan tulisan, paragraf adalah bagian yang peling penting karena paragraf adalah alat yang digunakan untuk menjelaskan setiap ide pokok tulisan yang diuraikan.
3. Jelaskan manfaat paragraf bagi penulis!
Jawaban: Bagi penulis paragraf dapat dijadikan alat untuk menjelakan kepada pembaca tentang maksud dari ide pokok yang dia utarakan.


4. Jelaskan manfaat paragraf bagi pembaca!
Jawaban: Bagi pembaca paragraf dapat dijadikan alat untuk menggali informasi lebih dalam suatu ide pokok.
5. Seandainya tulisan tidak diatur paragraf per paragraf, apa yang akan terjadi?
Jawaban: Apabila hal itu terjadi maka baik penulis maupun pembaca akan kesulitan untuk menguraikan dan menemukan ide pokok yang ada.
6. Jelaskan bahwa kata menulis memiliki 2 arti!
Jawaban: Menulis memiliki 2 arti yaitu sebuah kegiatan yang menghasilkan tulisan dan menulis sebagai sarana untuk menciptakan perubahan pada diri sendiri maupun orang lain.
7. Seandainya sekarang tidak ada orang yang menulis, apa yang akan terjadi pada generasi kita yang akan datang?
Jawaban: Seandainya saat ini tidak ada yang menulis maka tidak akan ada peninggalan-peninggalan berupa tulisan pada generasi berikutnya. Apabila tidak ada hal tersebut maka generasi selanjutnya akan menjadi buta pengetahuan dan mereka akan seperti berada pada jaman dimana manusia belum dapat menemukan apapun.
8. Bagaimana minat baca tulis masyarakat Indonesia?
Jawaban: Menurut saya, minat baca tulis masyarakat Indonesia rendah. Hal ini terbukti dengan masih jarang orang yang duduk-duduk sambil membaca koran. Ini menandakan masyarakat Indonesia masih malas membaca. Di bidang menulis, Indonesia juga masih kurang. Selain jarang atau bahkan tidak ada tulisan Indonesia yang sampai tingkat internasional, pemerintah sendiri kurang mendukung untuk rakyatnya memiliki minat tinggi di bidang menulis.


9. Keterampilan menulis tidak ada hubungannya dengan bakat. Apa maksudnya?
Jawaban: menurut orang bijak keberhasilan seseorang bukan sepenuhnya berasal dari bakat, tetapi dari kerja keras. Hanya sebagian kecil saja keberhasilan itu ditentukan oleh bakat, tapi sebagian besarnya ditentukan oleh kerja keras. Demikian juga menulis, hanya butuh kerja keras, latihan, dan mencoba dengan tekun bisa menghasilkan keterampilan. Dan ini tidak ada hubungannya apakah ia berbakat atau tidak.
10. Jelaskan maksud ungkapan Jawa niteni, nirokake, dan nambahi dalam upaya memperoleh keterampilan menulis?
Jawaban: Niteni berarti mengamati, nirokake berarti meniru, dan nambahi berarti menambahkan. 3 hal tersebut berarti dalam hal menulis, yang pertama kali dilakukan adalah mengamati tulisan-tulisan orang lain. Kemudian kita baru meniru teknik-teknik menulisnya. Baru setelah itu kita tambahkan ide-ide kita dalam tulisan tersebut agar tulisan tersebut menjadi tulisan asli kita.


BAGIAN B
1. Jelaskan fungsi transisi antar paragraf!
Jawaban: Memperhalus perpindahan paragraf. Biasanya paragraf yang satu dengan paragraf yang lain memiliki isi yang berbeda. Supaya perbedaan itu tidak terlalu mencolok dibuatlah transisi.
2. Buatlah contoh sebuah paragraf yang diawali dengan transisi!
Jawaban: Seperti yang sudah dijabarkan diatas manusia perlu memperbaiki prilakunya dalam tindakan sehari-hari. Hal itu dilakukan agar kita dapat terbebas dari narkoba. Narkoba pertama kali hadir di tengah-tengah kita melalui pergaulan kita. Oleh sebah itu kita juga harus membatasi pergaulan agar tidak terjerumus.
3. Selain terdapat antar paragraf, transisi dapat berada di mana saja?
Jawaban: Di awal paragraf dan di akhir paragraf.
4. Apa fungsi kalimat penuntun pada awal paragraf?
Jawaban: Menuntun pembaca untuk mengerti apa yang akan dibahas pada paragraf tersebut.
5. Buatlah sebuah contoh sebuah paragraf yang dimulai dengan kalimat penuntun!
Jawaban: Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, dan impotensi. Hal ini tentu saja sangat disadari oleh para penikmat rokok karena di setiap bungkus rokok selalu ada tulisan tersebut. Tetapi para penikmat rokok seakan tidak menghiraukan tulisan tersebut dan terus saja menghisap rokok.
6. Apa manfaat transisi yang berupa sebuah paragraf pendek?
Jawaban: Manfaat transisi dalam paragraf adalah memperhalus perubahan isi paragraf pada saat menghubungkan paragraf satu dengan yang lainnya.


7. Jelaskan perbedaan kalimat utama dan kalimat penjelas dalam paragraf?
Jawaban: Kalimat utama adalah kalimat yang berisi ide atau gagasan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca. Sedangakan kalimat penjelas adalah kalimat yang berisi penjelasan tentang ide atau gagasan penulis tersebut.
8. Buatlah beberapa variasi kalimat utama yang berisi pokok pikiran “harga barang-barang naik”, sedikitnya lima variasi!
Jawaban: 1. Harga barang naik akibat putusan pemerintah.
2. Putusan pemerintah seakan-akan berat sebelah.
3. Harga minyak naik, semua harga menjadi naik.
4. Pembagian sembako saat ini sangat dinanti masyarakat kecil.
5. Harga barang naik, rakyar menjadi sengsara.
9. Kembangkanlah salah satu variasi kalimat utama (nomor 8) menjadi sebuah paragraf dengan cara menambahkan kalimat-kalimat penjelas!
Jawaban: Harga minyak naik, semua harga menjadi naik. Kenaikan minyak bumi menyebabkan naiknya harga bensin yang selama ini menjadi hal yang amat dibutuhkan dalam bidang distribusi. Karena bensin naik maka para pengusaha menjadikan bensin sebagai alasan untuk menaikkan harga barang jualan mereka.
10. Buatlah contoh sebuah paragraf yang mengandung tiga unsur. Kemungkinan transisi, kalimat utama, dan kalimat penjelas, atau kalimat utama, kalimat penjelas, dan kalimat penegas!
Jawaban: Matematika merupakan pelajaran yang sulit. Begitulah pendapat dari sebagian besar pelajar di indonesia. Menurut mereka matematika sebagai momok dalam proses belajar mengajar mereka. Hal ini membuat mereka menjadi malas apabila bertemu dengan pelajaran matematika. Jadi, matematika dianggap sebagai hambatan bagi para siswa.


BAGIAN C
1. Jelaskan yang dimaksud dengan kohesi dalam paragraf!
Jawaban: Pragraf yang terbentuk dari penyusunan beberapa kata ganti, kata kunci, dan kata hubung.
2. Buatlah contoh paragraf dengan penanda kohesi pengulangan!
Jawaban:
3. Pergunakan kata ganti orang untuk menandai kohesi antarkalimat dalam sebuah paragraf!
Jawaban: Amat adalah anak yang rajin belajar. Ia adalah juara di sekolahnya. Teman-temannya sagat ramah padanya. Mereka bercita-cita ingin menjadi seperti Amat.
4. Pergunakan sebagai penanda hubungan pertentangan kata ganti akan tetapi dalam sebuah paragraf!
Jawaban: Rencana pemerintah untuk melakukan konfersi minyak tanah ke gas merupakan suatu gagasan yang amat baik. Akan tetapi, disisi lain, karena kurangnya sosialisasi dengan masyarakat akhirnya masyarakat menolak diadakannya perubahan sosial ini.
5. Kata ganti sebaliknya sering digunakan untuk menandai hubungan apa? Pergunakan dalam paragraf!
Jawaban: Hubungan pertentangan atau kebalikan.
Rina sangat mencintai Andi. Tetapi sebaliknya Andi malah membenci Rina tingkah laku Rina yang sering membuat risih Andi. Rina menjadi kecewa dan akhirnya mau melepaskan Andi dan berpaling ke lain hati.
6. Jelaskan bahwa kalimat lengkap wujud fisiknya tidak harus lengkap!
Jawaban: Kalimat lengkap sudah lengkap tanpa memerlukan wujud fisiknya untuk menjelaskan lebih lanjut.
7. Bagaimana cara mengembangkan sebuah kalimat? Berilah beberapa contoh!
Jawaban: Berikan beberapa unsur kalimat lainnya. Contoh
a. Anton makan. (SP)
b. Anton makan nasi. (SPO)
c. Anton makan nasi dengan tempe. (SPOK)
d. Kemarin, Anton makan nasi dengan tempe. (KSPOK)
8. Mengapa kalimat-kalimat tunggal perlu digabungkan menjadi kalimat-kalimat majemuk? Berilah beberapa contoh untuk memperjelas jawaban itu!
Jawaban: Karena kadang dalam beberapa kalimat tunggal terdapat unsur-unsur yang sama yang menjadikan kalimat-kalimat tersebut terdengar panjang bila dipisahkan menjadi beberapa kalimat tunggal. Misal dari kalimat: Ibu membeli daging. Kemudian, ibu mencuci daging. Lalu, ibu memasak daging. Dari kalimat tersebut terdapat tiga subjek dan objek yang sebenarnya hanya satu subjek dan objek, yaitu ibu dan daging. Jadi dapat diringkas dalam kalimat majemuk: Ibu membeli, mencuci, kemudian memasak daging itu.
9. Apa fungsi kata penghubung dalam penggabungan kalimat? Berilah beberapa contoh untuk menguatkan penjelasan bahwa kata penghubung menunjukan makna hubunganya!
Jawaban: Memberi penjelasan hubungan apa yang terdapat antar kalimat yang digabung. Contoh kalimat, “Kasih ibu seperti matahari yang tidak pernah lelah menyinari bumi.” Kalimat ini dihubungkan dengan kata hubung “seperti”, yang bermakna perbandingan komparatif. Dan bukti bahwa kata penghubung menunjukan makna hubungannya akan terlihat apabila kata penghubung kalimat tersebut diganti. Yakni menjadi, “Kasih ibu tetapi matahari yang tidak pernah lelah menyinari bumi.” Kalimat ini akan terdengar janggal dan sumbang.
10. Buatlah sebuah paragraf yang kalimat-kalimatnya bervariasi!
Jawaban: Makan yang menyenangkan tidak membuat sakit perut. Minuman yang baik tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Itu semua demi menjaga gigi yang anda miliki hingga dapat bertahan lama dan kuat.

BAGIAN D
1. Jelaskan mengapa paragraf sebaiknya tidak terlalu panjang!
Jawaban: Paragraf sebaiknya tidak terlalu panjang karena setiap paragraf hanya akan mengandung 1 ide pokok. Apabila paragraf itu terlalu panjang maka akan semakin besar kemungkinnan penulis kehilangan fokus pikiran dan malah tidak relefan dengan ide pokoknya.
2. Benarkah paragraf yang terlalu pendek sebenarnya kurang dikembangkan?
Jawaban: Menurut saya, belum tentu suatu paragraf yang pendek berarti penulis kurang mengembangkan isinya. Sebenarnya penjang pendeknya suatu paragraf ditentukan oleh ide pokok yang terkandung di dalamnya. Apabila kalimat penjelasnya banyak, maka paragraf akan menjadi panjang. Tetapi apabila sedikit, maka akan pendek.
3. Mengapa kalimat sumbang yang terdapat dalam sebuah paragraf harus dikeluarkan?
Jawaban: Karena kalimat sumbang akan membingungkan pembaca.
4. Apa sebabnya dalam sebuah paragraf tidak boleh terdapat beberapa pokok pikiran?
Jawaban: Karena nantinya pembaca akan bingung tentang apa sebenarnya yang ingin disampaikan oleh penulis. Itu akan menyebabkan pembaca kesulitan memahami maksud paragraf.
5. Buatlah contoh sebuah paragraf yang mengandung tiga pokok pikiran, kemudian pisahkan menjadi tiga paragraf!
Jawaban:
Naruto adalah manga dan anime karya Masashi Kishimoto. Manga Naruto pertama kali diterbitkan di Jepang oleh Shueisha pada tahun 1999 dalam edisi ke 43 majalah Shonen Jump). Sekarang Naruto adalah manga yang paling terkenal dan naik daun di seluruh dunia.
Naruto adalah manga dan anime karya Masashi Kishimoto. Bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki, seorang ninja remaja yang berisik, hiperaktif, dan ambisius; dan petualangannya dalam mewujudkan keinginan untuk mendapatkan gelar Hokage, ninja terkuat di desanya.
Manga Naruto pertama kali diterbitkan di Jepang oleh Shueisha pada tahun 1999 dalam edisi ke 43 majalah Shonen Jump). Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Popularitas dan panjang seri Naruto sendiri (terutama di Jepang) menyaingi Dragon Ball karya Akira Toriyama, sedangkan serial anime Naruto, diproduksi oleh Studio Pierrot dan Aniplex, disiarkan secara perdana di Jepang oleh jaringan TV Tokyo dan juga oleh jaringan televisi satelit khusus anime, Animax, pada 3 Oktober 2002 sampai sekarang. Seri pertama terdiri atas 9 musim. Musim pertama dari seri kedua mulai ditayangkan pada tanggal 15 Februari 2007. Di Indonesia, anime Naruto ditayangkan oleh Global TV setiap hari Senin hingga Jum'at pada pukul 18.30, pernah ditayangkan berulang-ulang, namun sekarang tidak ditayangkan lagi. Trans TV juga pernah menayangkan anime Naruto dan sempat diulang hingga beberapa kali.
Sekarang Naruto adalah manga yang paling terkenal dan naik daun di seluruh dunia. Perkembangan dan popularitas serial ini dapat disamakan dengan popularitas manga terkenal Dragon Ball karya Akira Toriyama. Sejak awal penerbitannya, Naruto telah memancing permunculan ribuan situs fan (fansite) yang berisi detail informasi, panduan, dan forum internet. Beberapa situs terkenal muncul setelah versi Inggris manga ini diterbitkan pada bulan Agustus 2003. Selain itu, muncul pula situs-situs yang menyediakan scan manga versi Jepang yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris yang dapat didownload secara gratis.
6. Apa persamaan dan perbedaan antara menulis dan mengarang?
Jawaban:
Persamaan: kedua-duanya menghasilkan sebuah tulisan atau hasil yang dapat dirasakan. Perbedaan: menulis nilai seninya lebih rendah dibanding mengarang. Biasanya menulis adalah kegiatan mengubah sebuah kejadian menjadi tulisan, sedangkan mengarang adalah kegiatan mengubah sebuah angan menjadi tulisan.
7. Tulisan dapat menembus ruang dan waktu. Apa maksudnya?
Jawaban: Tulisan yang dibuat zaman dahulu akan tetap ada dan sama maknanya walaupun sudah berada pada jaman sekarang.
8. Adakah hubungan timbal balik antara membaca dan menulis yang dilakukan oleh masyarakat?
Jawaban: Ada. Semakin banyak seseorang membaca, kosakata yang digunakan saat menulis akan lebih beragam dibanding orang yang jarang membaca. Jadi semakin banyak membaca semakin cerdas pula menulisnya. Dan semakin sering seseorang menulis, semakin tertarik pula orang akan membaca.
9. Bagaimana minat baca tulis masyarakat di negara-negara yang sudah maju?
Jawaban: Minat baca tulis masyarakat di negara-negara yang sudah maju lebih tinggi daripada negara berkembang. Karena mereka sudah sadar, semakin banyak membaca dan menulis semakin jauhlah mereka dari kebodohan dan semakin jauh mereka dari kebodohan semakin dekatlah mereka pada hidup yang lebih makmur.
10. Masyarakat Indonesia masih mengikuti budaya dengar dan lihat. Benarkah demikian?
Jawaban: Iya, karena stasiun televisi dan radio lebih dapat menarik perhatian daripada koran dan majalah. Meskipun koran lebih murah daripada televisi dan radio, masyarakat Indonesia lebih suka untuk melihat atau mendengar televisi dan radio daripada membaca koran.



BAGIAN E
1. Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf dapat digolongkan menjadi beberapa jenis. Sebutkan!
Jawaban: Empat. Induktif (kalimat utama terletak di bagian akhir paragraf), deduktif (kalimat utama terletak di bagian awal paragraf), tengah, dan campuran.
2. Buatlah contoh paragraf deduktif yang kalimat utamanya berbunyi, ”Mobil berukuran kecil sekarang semakin banyak diminati masyarakat”!
Jawaban:
Mobil berukuran kecil sekarang makin banyak diminati masyarakat. Selain karena ukurannya yang kecil dan mudah dibawa-bawa. Mobil mainan ini sangat cocok dijadikan sebagai hiasan sebuah ruangan. Bentuknya pun amat mirip dengan aslinya.
3. Buatlah contoh paragraf deduktif-induktif!
Jawaban:
Bagi warga jogja, pergi ke mall adalah salah satu kegiatan yang yang disukai ketika malam minggu. Hal ini terbukti bahwa setiap malam minggu, seluruh mall di jogja kebanjiran pengunjung hingga mau lewat saja harus berhimpi-himpitan. Warga jogja menjadikan pergi ke mall sebagai hobby.
4. Buatlah contoh paragraf pertanyaan yang kalimat utamanya pertamanya berbunyi “Mengapa Pak Kadir tampak bersedih?”!
Jawaban:
Mengapa pak kadir tampak bersedih? Hal ini yang menjadi pertanyaan seluruh warga kampung klitren. Mereka semua semua seakan tidak percaya. Pak Kadir yang selalu ceria setiap hari tiba-tiba tampak sedih. Sampai saat ini belum ada yang tahu penyebab pak Kadir bersedih.
5. Buatlah contoh paragraf sebab-akibat!
Jawaban:
Karena penataan cahaya dan panggung yang baik. Akibatnya seluruh pengunjung yang hadir di balai sartini menjadi terhibur karena adanya acara ini. Mereka semua terpukau karena penampilan para artis ibukota yang hadir juga dapat membuat seluruh isi balai sartini menjadi bersemangat mengikuti acara hingga usai.
6. Buatlah contoh paragraf narasi!
Jawaban:
Seekor monster rubah ekor sembilan bernama Kyuubi menyerang Konoha, sebuah desa shinobi yang terletak di negara Api. Kekacauan terjadi di desa Konoha dan korban jiwa mulai berjatuhan, sebelum akhirnya pemimpin desa Konoha, Hokage Ke-4, mengalahkan monster itu dengan mengorbankan dirinya untuk menyegel rubah ekor sembilan ke dalam tubuh seorang anak yang baru lahir, Naruto.

7. Buatlah contoh paragraf argumentasi yang diteruskan paragraf persuasi!
Jawaban:
Penambahan 3 mata pelajaran pada ujian negara merupakan tindakan yang tepat untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Karena tugas seorang pelajar adalah pelajar, maka marilah kita jadikan hal ini sebagai pemacu kita untuk belajar lebih giat lagi.
8. Apa fungsi paragraf pembuka dalam sebuah tulisan/karangan?
Jawaban: Untuk membuka sebuah tulisan agar pembaca merasa tertarik untuk melanjutkan membaca tulisan tersebut.
9. Apa fungsi paragraf penutup dalam sebuah tulisan/karangan?
Jawaban: Mengakhiri sebuah tulisan dan mengajak pembaca untuk menyimpulkan kembali apa yang telah dibaca dalam tulisan tersebut.
10. Jelaskan perbedaan paragraf argumentasi dan paragraf persuasi!
Jawaban: paragraf argumentasi cenderung membuat pembaca menyetujui apa yang diargumenkan dengan segala bukti dan logika yang ada. Dan ini tidak ada hubungannya apakah pembaca akan menindak lanjuti argumen itu. Sedangkan paragraf persuasi cenderung membuat pembacanya yakin bahwa apa yang dituliskan adalah baik untuk dilakukan. Jadi secara singkat, argumentasi bersifat memberitahu alasan suatu “masalah”, sedangkan persuasi bersifat mengajak pembaca untuk mengikuti suatu “masalah”.

1 komentar:

garbawijaya mengatakan...

Wah Bagus Ben - Ni, pengetahuan saya jadi bertambah dengan membaca tulisan Ben-Ni ttg paragraf, terimakasih