happy blogging...^^ contact me on : benidektus_jb@yahoo.co.id

Sabtu, 22 November 2008

RANCANGAN PENELITIAN SOSIAL

LATIHAN RANCANGAN PENELITIAN SOSIAL

1. Jelaskan 4 pengertian penelitian !
1. Menurut Soerjono Soekanto,penelitian merupakan suatu kegiatan ilmiah yang dilandaskan pada analisis dan konstruksi.
2. Menurut John(1949),penelitian adalah suatu pencarian fakta menurut metode objektif yang jelas untuk menemukan hubungan antara fakta sehingga menghasilkan dalil danhukum
3. Usaha untuk menemukan,mengembangkan ,dan menguji kebenaran suatu pengetahuan yang dilakukan dengan menggunakan metode-metode ilmiah (marzuki)
4. Penelitian merupakan aktivitas dalam menelaah suatu masalah dengan menggunakan metode ilmiah secara terancang.(Sanapiah Faisal)

2. Jelaskan disertai contoh, penelitian ilmiah berdasarkan tujuannya !


Menurut tujuan yang akan dicapai penelitian dapat dibedakan menjadi penelitian dasar, penelitian terapan dan penelitian evaluasi.
1) Penelitian dasar (eksploratif), adalah penelitian yang berusaha menemukan menemukan dan mengumpulkan suatu data yang bertujuan memperoleh suatu dalil atau teori yang relatif baru.
2) Penelitian terapan (developmental), adalah penelitian yang berusaha memecahkan segala persoalan yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari.
3) Penelitian evaluasi (verifikatif), adalah penelitian yang berusaha untuk menguji pelaksanaan program atau kegiatan yang telah dilakukan. Dengan penelitian ini diharapkan tujuan yang akan dicapai dalam program tersebut dapat dievaluasi secara ilmiah.

3. Jelaskan disertai contoh, penelitian sosial berdasarkan pendekatannya !
Ditinjau dari pendekatannya, penelitian sosial dibagi menjadi 2 cara yaitu penelitian dengan pendekatan bujur (longitudinal) atau dengan pendekatan silang (cross-sectional).




4. Jelaskan disertai contoh, penelitian sosial berdasarkan variabelnya !
Berdasarkan variabelnya, penelitian dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
o Penelitian Deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan variabel masa lalu dan masa sekarang (jadi variabel yang diteliti sudah ada). Contoh penelitian deskriptif misalnya tim peneliti ingin mengetahui kekayaan calon bupati.
o Penelitian Eksperimen, yaitu penelitian yang dilakukan dengan variabel yang diteliti belum ada, belum datang, dan belum terjadi, tetapi sengaja didatangkan oleh peneliti dalam bentuk perlakuan (treatment). Misalnya, penelitian tentang pengaruh susu sapi terhadap pertumbuhan berat badan seseorang.

5. Jelaskan disertai contoh, penelitian sosial berdasarkan wujud datanya !
Berdasarkan wujud data yag dikumpulkan, penelitian dapat dibedakan menjadi penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif.
1) Penelitian kuantitatif, adalah penelitian dengan menggunakan data dengan menggunakan perhitungan matematis. Biasanya pengolahan data menggunakan analisis statistik.
2) Penelitian kualitatif, adalah penelitian yang berusaha menganalisis masalah-masalah penelitian dengan menggunakan kalimat-kalimat yang menggambarkan masalah yang diteliti. Biasanya dalam penelitian kualitatif berdasarkan tanggapan, pendapat, perasaan dan sebagainya.

6. Jelaskan disertai contoh, tahap-tahap dalam mengadakan penelitian !
Untuk mengadakan penelitian,siapapun dari dalam bidang ilmu apapun, serta dalam format penelitian bagaimanapun,tentunya harus melalui perencanaan yang sistematis.Tahapan-tahapan dalam mengadakan penelitian adalah sebagai berikut.
1. Memilih masalah
2. Studi pendahuluan
3. Merumuskan masalah penelitian
4. Merumuskan anggapan dasar (asumsi)
5. Memilih metode
6. Menentukan variable
7. Menentukan dan menyusun instrumen
8. Mengumpulkan data
9. Analisis data
10. Menarik kesimpulan
11. Menulis laporan
7. Jelaskan disertai contoh perbedaan pengamatan terlibat dan tidak terlibat !
o Pengamatan terlibat (observasi partisipasi)
Yaitu observasi yang dilakukan pengamat dengan cara melibatkan diri dalam lingkungan objek pengamatan. Misalnya seseorang ingin meneliti tentang pola hidup masyarakat badui. Maka peneliti itu harus mau untuk melakukan observasi partisipasi yaitu dengan hidup bersama masyarakat badui.
o Observasi tak terlibat (observasi nonpartisipasi)
Yaitu peneliti tidak melibatkan diri secara langsung ke dalam objek pengamatan, tapi tetap bias memperoleh gambaran mengenai objeknya, misalnya seorang peneliti ingin meneliti tentang pola prilaku para pengamen jalanan yang ada di terminal. Dalam proses pengamatan objeknya, peneliti tidak perlu berprilaku menjadi bagian dari mereka tetapi cukup dengan mengamati pola prilaku, kegiatan, atau kesibukan mereka dari jarak tertentu.

8. Jelaskan disertai contoh, 7 cara penarikan sampel dalam penelitian ilmiah !
Penarikan sampel dari populasi dapat dilakukan dengan beberapa cara.
a) Sampel acak sederhana, maksudnya tiap unit/anggota populasi diberi nomor kemudian ditarik secara acak(random).
b) Sampel sistematik, yang ditarik dengan cara membuat daftar anggota – anggota populasi secara berurutan. Kemudian ditentukan satu nomor patokan sebagai titik awal menarik sampel, nomor selanjutnya ditentukan secara sistematik menurut interval tertentu.
c) Sampel bertingkat (berstrata), yang diambil dengan cara membagi populasi atas kelas-kelas. Misalnya, strata umum,pendidikan, dan ekonomi.
d) Sampel cluster, yaitu populasi dibagi atas kelompok menurut area, dengan anggota yang tidak perlu homogen.
e) Sampel kuota, dilakukan dengan cara menentukan stratanya(kelas atau golongan yang berupa tingkat atau lapisan)terlebih dahulu menurut sifat-sifat yang dianggap memiliki pengaruh paling dominan terhadap variabel yang sering di tetliti.
f) Sampel sebanding(proportional sampling), hampir sama dengan sampel kuota.
g) Sampel bertujuan (purposive sampling),merupakan cara pengambilan sampel dengan tujuan tertentu.

9. Jelaskan disertai contoh penghitungan modus dalam pengolahan data kuantitatif !