happy blogging...^^ contact me on : benidektus_jb@yahoo.co.id

Sabtu, 22 November 2008

Perang Dunia 2

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH
Perang besar yang melibatkan negara-negara di dunia sudah 2 kali terjadi. Perang besar dan dasyat menimbulkan korban yang tidak sedikit. Kedua perang tersebut disebabkan oleh keserakahan negara imperialis yang saling memperebutkan daerah jajahan demi menunjang kelangsungan dan pengembangan industrinya.
Perang Dunia I berlangsung pada 1914-1918, adalah peperangan antara negara-negara imperialis lama dan imperialis baru. Medan peperangan terjadi di hampir sebagian besar daratan Eropa. Di dalam peperangan itu hampir tidak ada pengaruhnya sama sekali bagi negara Asia dan Afrika. Negara Asia dan Afrika tetap hanya menjadi obyek penjajahan dari negara yang bertikai.
Namun yang akan saya bahas dalam historiografi ini bukanlah Perang Dunia I melainkan Perang Dunia II, karena perang dunia kali ini melibatkan hampir semua negara di dunia. Akibat Perang Dunia II sangat terasa bagi negara imperialis maupun bagi negara terjajah. Bagi negara imperialis, mereka banyak kehilangan daerah jajahannya, yang berarti kehilangan bahan baku dan pasaran hasil industrinya. Bagi negara Asia dan Afrika, banyak diantaranya yang menjadi negara merdeka. Saya mengambil topik ini karena mengingat negara kita juga merdeka akibat dampak perang dunia ke II.


B. RUMUSAN MASALAH
Setelah dibahas singkat dalam pendahuluan diatas dapat saya ambil beberapa rumusan masalah yang ada yaitu
• Apakah penyebab terjadinya Perang Dunia II ?
• Negara mana sajakah yang terlibat dalam Perang Dunia II ?
• Bagaimanakah akhir Perang Dunia ke II ?
• Apa dampak yang ditimbulkan Perang Dunia II ?


BAB II
POKOK BAHASAN

A. PENYEBAB TERJADINYA PERANG DUNIA II
A.1 Sebab-Sebab Umum
1. Usaha LBB yang dibentuk pada Perang Dunia I untuk menciptakan perdamaian dunia gagal.
2. Pertentangan paham antara demokrasi Barat yang mengagungkan kebebasan individu dengan fasis yang menolak hak individu.
3. Semangat balas dendam Jerman yang kalah dalam PD I.
4. Perlombaan senjata. Kecurigaan masing-masing negara yang bertikai menyebabkan mereka mempersenjatai diri.
5. Pertentangan antar kaum imperialis.
A.2 Sebab Khusus
1. Versi Asia
Penyerbuan jepang atas tiongkok pada tahun 1937
2. Versi Eropa
Penyerbuan Jerman atas Polandia pada tanggal 1 September 1939, sehingga pada tanggal 3 September 1939 Inggris dan Prancis mengumumkan perang kepada Jerman.
3. Versi Amerika Serikat
Pengeboman Jepang terhadap Pearl Harbour pada tanggal 7 Desember 1941


B. NEGARA-NEGARA YANG TERLIBAT DALAM PERANG DUNIA II
Mula-mula Jerman berperang melawan Polandia, Inggris, Prancis, dan Yunani. Italia baru terlibat malawan Sekutu setelah melihat Jerman pada tahun 1940 selalu unggul di medan perang.
Rusia terpaksa ikut berperang setelah secara tiba-tiba diserang oleh Jerman 1941. Padahal sebelumnya Rusia dan Jerman telah mengadakan perjanjian untuk tidak saling menyerang. Dengan demikian, Rusia yang komunis bekerja sama dengan negara-negara Barat yang antikomunis untuk menghadapi Jerman.
Sewaktu perang melawan Eropa, Afrika Utara, dan Timur Tengah, Jepang masih menunggu, sambil bersiap-siap untuk menguasai Asia. Setelah persiapan dianggap selesai, tahun 1941, secara tiba-tiba Jepang menyerang Pearl Harbour. Akibatnya peperangan meluas ke daerah Asia Pasifik. Dengan demikian Amerika Serikat terlibat dalam peperangan. Kekuatan negara poros Jerman-Italia, bertambah dengan Jepang, dan kekuatan negara Sekutu bertambah dengan Amerika Serikat.


C. BERAKHIRNYA PERANG DUNIA II
Akhir dari Perang Dunia II ialah saat tentara Sekutu mendapat kemenangan dari negara Poros. Kemenangan itu tidak lepas dari bantuan Amerika Serikat, terutama dalam peralatan perang. Yang pertama-tama Sekutu dapat mengalahkan Italia tahun 1944. kemudian disusul dengan kekalahan Jerman Mei 1945, setelah Hitler bunuh diri pada tanggal 1 Mei 1945. Kota Berlin jatuh ke tangan Rusia dan pasukan-pasukan Sekutu dari Amerika Serikat, Prancis, dan Inggris. Pada tanggal 8 Mei 1945 Jerman menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Upacara penyerahan dilaksanakan di kota Rhein, di markas besar komando tentara Sekutu, dibawah Jenderal Eisenhower.
Pasukan jepang yang masih berusaha bertahan akhirnya dihancurkan oleh Amerika Serikat dengan dibom atomnya kota Hiroshima dan Nagasaki pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945. Jepang akhirnya menyerah kepada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945. Salah satu negara Sekutu yang paling beruntung ialah Rusia. Karena ia mengumumkan perang kepada Jepang baru pada tanggal 8 Agustus 1945. Dalam waktu yang sesingkat itu Rusia menyerbu Manchuria dan Korea. Yang berarti Rusia di Asia terlibat dalam PD II hanya selama 1 minggu, dan ia keluar sebagai salah satu negara pemenang.


D. AKIBAT PERANG DUNIA II
D.1 Munculnya Pakta Pertahanan
Amerika Serikat dan Rusia menjadi negara adikuasa. Namun kedua negara adikuasa tersebut kemudian terlibat dalam perang dingin yang menyebabkan dunia sangat tegang. Untuk memperkuat diri, masing-masing negara adikuasa tersebut mendirikan pakta pertahanan.
Amerika Serikat
Amerika Serikat mempelopori munculnya pakta pertahanan berikut :
NATO ( North Atlantic Treaty Organization ) tahun 1949, dengan anggotanya : Inggris, Prancis, Belanda, Belgia, Luxemburg, Norwegia, Kanada. Markas besarnya di Brussel
METO ( Middle Eastern Treaty Organization ) tahun 1955 mula-mula bermarkas besar di Bagdad, kemudian dipindahkan ke Istambul. Anggotanya : Turki, Irak, Iran, Pakistan, dan Inggris.
SEATO ( South East Asia Treaty Organization ) tahun 1954. Bangkok dijadikan markas besarnya. Anggota-anggota SEATO ialah : Amerika, Inggris, Australia, Selandia Baru, Belanda, Korea Selatan, Thailand, dan Filipina.
Rusia
Rusia mempelopori berdirinya Pakta Warsawa pada tahun 1955. Sesuai dengan namanya maka markas besarnya ada di Warsawa ( Polandia ). Anggotanya ialah semua negara-negara Eropa Timur di bawah Rusia, kecuali Yugoslavia dan Albania, yaitu : Rumania, Cekoslowakia, Hongaria, Bulgaria, dan Polandia.

D.2 Bidang Politik
Jerman terpecah menjadi dua, yaitu Jerman Barat dan Jerman Timur
India terbagi menjadi dua, yaitu India yang orientasi politiknya lebih condong ke Rusia dan Pakistan yang condong ke negara Barat.
Indo Cina mula-mula pecah menjadi 4 negara, yaitu Laos, Kamboja, Vietnam Utara, dan Vietnam Selatan. Pada tahun 1975 kedua negara terakhir tersebut menjadi Vietnam.
Korea juga terbelah dua yaitu Korea Utara dan Korea Selatan
Sejak tahun 1925 terjadi perang saudara antara kaum nasionalis (Kuo Min Tang) dan kaum Komunis (Kuo Chan Tang). Tetapi selama PD II berlangsung keduanya bersatu melawan Jepang. Setelah PD II selesai perang saudara berlangsung lagi, dan diakhiri pada tahun 1949, Tiongkok nasionalis didepak keluar ke pulau Taiwan. Daratan Tiongkok menjadi negara Komunis (RRC).

D.3 Bidang Ekonomi
Perang Dunia II menyebabkan ekonomi dunia menjadi rusak. Untuk memperbaikinya dibutuhkan modal dan tenaga kerja yang tidak sedikit. AS sebagai negara kreditor memperoleh kesempatan untuk memperluas pengaruhnya terutama terhadap negara-negara yang baru merdeka. Maksud AS memberi bantuan agar negara tersebut tidak mendapat pengaruh negara komunis.


D.4 Munculnya MSA (Mutual Security Act)
MSA merupakan bantuan ekonomi dan militer kepada negara sedang berkembang terutama di Asia. MSA pun sebenarnya ditujukan kepada negara berkembang agar tidak terpengaruh oleh negara komunis.

D.5 Munculnya Colombo Plan
Colombo Plan diciptakan oleh inggris pada tahun 1950. Anggotanya AS, Selandia Baru, dan Australia. Pada tahun 1950 di Kolombo (Sri Lanka) diadakan konferensi negara berkembang, terutama Asia Selatan dan Tenggara. Tujuannya ialah memberi bantuan kepad negara Asia Selatan dan Tenggara dalam bidang ekonomi dan kebudayaan. Juga untuk membendung komunisme.


BAB III
KESIMPULAN

Dari hasil Historiografi ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Perang Dunia II mengakibatkan kerusakan di berbagai bidang di dunia. Perang kali ini juga diikuti hampir seluruh negara di dunia yang pada saat itu sudah berdiri.
Perang Dunia II juga mengakibatkan banyak wilayah-wilayah yang tadinya negara jajahan bangsa Eropa menjadi merdeka. Termasuk juga Indonesia. Indonesia merdeka juga akibat Jepang kalah dari Sekutu saat Perang Dunia II berlangsung.