happy blogging...^^ contact me on : benidektus_jb@yahoo.co.id

Sabtu, 22 November 2008

Siapa AKU ???????

Apabila ditanya siapakah aku, maka akan sulit bagi saya untuk menjelaskan tetang siapa diri saya. Saya sendiripun saat ini juga sedang mencari-cari siapakah diri saya yang sebenarnya. Apakah kelebihan saya? Apa talenta yang Tuhan berikan pada saya? Apa kekurangan saya? Semua pertanyaan itu tidak ada habis-habisnya terngiang dalam benak saya. Untuk menjawab semua itu kemudian saya kembali bertanya kepada diri saya sendiri. Siapakah jati diri saya saat ini? Umur-umur saat ini, bagi saya adalah saat-saat dimana saya mulai beranjak dewasa. Dan saat inilah saat yang tepat bagi saya untuk menemukan ”Aku Sejati” menurut saya, aku sejati adalah diri saya yang dahulu, sekarang dan di masa yang akan datang.
Physically, saya adalah seorang pelajar SMA yang berumur 17 tahun. Saya berwajah biasa-biasa saja. Tubuh saya mememiliki suatu kelebihan yaitu kelebihan berat badan. Saya terlahir di keluarga yang bahagia. Memiliki 2 orang adik laki-laki. Itulah sekilas gambaran fisik saya. Namun, sebenarnya itu semua tidak penting. Semua yang saya ungkapkan diatas adalah ciri-ciri lahiriah saja, ciri-ciri yang tampak oleh mata.


Lebih dari itu, di dalam diri saya, saya adalah seorang pekerja keras. Saya adalah seorang yang bertanggung-jawab. Sebenarnya tidak benar bahwa saya menuliskan sendiri sifat-sifat saya sendiri. Karena sifat-sifat itu adalah sesuatu yang orang lain dapat rasakan dari saya. Menurut pandangan beberapa teman, saya orangnya suka bercanda, tidak membeda-bedakan teman, rajin, suka menolong teman, dan lain-lain. Ini semua saya dapatkan melalui teman-teman saya pada saat menjalani makrab kelas di kelas X. Beberapa teman juga mengatakan bahwa terkadang saya ini sombong, acuh pada teman, sulit membuka diri pada teman, lebih suka menutup diri, egois, dan mau menangnya sendiri. Melalui teman-teman saya itulah, saya dapat mengetahui siapakah diri saya sendiri. Setelah itu barulah saya mulai berkaca diri. Dan menurut saya, semua perkataan teman-teman saya itu memang benar adanya.
Ketika pertama kali memutuskan untuk bersekolah di SMA Kolese De Britto ini, saya mendengar dari beberapa orang guru dan saudara-saudara saya bahwa sekolah ini adalah sekolah yang bagus. Menurut mereka SMA ini mampu untuk membuat seseorang menjadi pintar dan berkelakuan baik. Jadi saya merasa sekolah ini adalah sekolah yang baik bagi masa depan saya. Tentu saja dengan harapan mampu untuk mengembangkan semua talenta-talenta yang ada dalam diri saya. Saya juga berharap bahwa sekolah ini mampu untuk membawa saya menuju sebuah kesuksesan yang telah lama saya harapkan. Saya juga berharap saya mampu menjadi contoh bagi kedua orang adik saya, agar saya bisa menjadi motivasi belajar mereka. Dengan itu mereka akan mempunyai seorang kakak yang membanggakan bagi mereka.
Setelah saya masuk ke sekolah ini dan mulai mendalami sekolah ini lebih lanjut, saya sudah mengetahui apa yang sebenarnya menjadi cita-cita sekolah ini kepada para murid-muridnya. Sekolah ini mempunyai visi yaitu membentuk pribadi siswanya menjadi pemimpin-pemimpin pelayanan yang kompeten, berhati nurani benar, berkepedulian pada sesama demi kemuliaan Allah yang lebih besar. Itulah yang menjadi cita-cita sekolah. Selain itu sekolah juga ingin menjadikan siswanya jujur, disiplin, mandiri, kreatif, dan mau bekerja keras. Selama ini saya melihat bahwa sekolah cukup serius dalam menggapai cita-cita bersama itu.
Selama saya bersekolah di tempat ini saya dapat merasakan atmosfer yang berbeda dari SMP saya dulu. Bukan karena di sekolah ini banya pohon tetapi ada sesuatu yang berbeda dalam cara belajar mengajar di tempat ini. Waktu hari pertama masuk, saya harus di inisiasi. Setelah inisiasi itu, saya sadar betul bagaimana pentingnya inisiasi bagi saya. Sekolah berusaha menanamkan dasar-dasar prilaku yang baik. Contohnya, Gigih, Jujur, Peduli itulah nilai dasar yang ditanamkan dalam diri saya pada saat inisiasi. Dalam keseharian terlihat betul bagaimana keseriusan pihak sekolah dalam memberikan pendampingan bagi para siswa. Bagi saya sendiri untuk mewujudkan cita-cita saya, saya berusaha sekuat tenaga untuk mengikuti setiap pembelajaran yang diberikan di sekolah ini. Dari mulai pelajaran Fisika dan Ekonomi sampan pelajaran Pendidikan Nilai dan BK. Selain itu saya juga mengikuti dengan serius semua kegiatan-kegiatan sekolah yang saya berguna bagi saya. Contohnya live in, makrab, dan FOP. Saya yakin sekolah ini berusaha membantu saya mewujudkan cita-cita saya demi mewujudkan cita-cita sekolah ini.
Saya amat senang telah bisa bersekolah ini selama 2 tahun terakhir ini. Telah banyak pengalaman-pengalaman baru yang berkelimpahan nilai-nilai. Nilai-nilai kehidupan itu tentu saja amat membantu saya dalam masa pencarian jati diri saya. Sekolah ini telah mampu membuat saya menjadi lebih dewasa, lebih bertanggung jawab, dan menumbuhkan kepercayaan diri saya. Semuanya itu saya dapatkan dari bersekolah di tempat ini. Karena itu saya senang bisa sekolah di sini.
Tidak terasa bahwa tinggal 1 tahun lagi saya bersekolah di tempat ini. Harapan saya yang paling utama saat ini adalah naik kelas dengan nilai yang bagus. Kemudian di kelas tiga saya akan menggali lebih dalam tentang diri saya. Kemudian saya akan lulus dengan nilai yang memuaskan.